Home » » Koramil 0824/13 Rambipuji Wasbang Siswa-siswi SMPN 1 Rambipuji Jember

Koramil 0824/13 Rambipuji Wasbang Siswa-siswi SMPN 1 Rambipuji Jember

Written By ANDI on 2 Mar 2016 | 10:55 AM


PORTAL-KOMANDO.COM,.-Kodim0824.com. Pada Selasa 01/03 sebanyak 240 siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Rambipuji Jember menerima pembekalan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan oleh anggota Koramil 0824/13 Rambipuji.

Materi yang diberikan diantaranya Pembinaan Baris Berbaris (PBB) guna memantapkan Paskibraka dan melatih tata upacara yang benar berdasarkan Tata Upacara Sekolah (TUS) serta Wawasan Kebangsaan, dengan Penyaji Materi Peltu Suwito, Serka Sismadi, Serka Imam Bukhori dan Serda Kholik.

Danramil 0824/13 Rambipuji Kapten Inf Harsono dalam konfirmasinya membenarkan adanya kegiatan tersebut, dan hal ini merupakan penjabaran dari Serbuan Teritorial khususnya komunikasi sosial dan pembinaan generasi muda sebagai potensi pertahanan wilayah.

Kepala SMP Negeri 1 Rambipuji Warsini, S.Pd menyampaikan terima kasihnya kepada Koramil 0824/13 Rambipuji yang telah berkenan turut serta membina anak didik kami.

Lebih lanjut Warsini menyampaikan bahwa selama ini SMP Negeri 1 Rambipuji ini telah menjalin kerjasama dengan Polsek, Dinas Kesehatan dan Koramil tentunya untuk berperan serta membentuk karakter generasi bangsa yang berkualitas.

Demikian halnya Ardiansjah M.Pd selaku salah satu Guru Pembina yang menyampaikan pentingnya pembentukan karakter generasi muda utamanya pada jenjang sekolah SMP, dengan pemberian pemahaman terhadap Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan.

Sehingga mampu menfilter perkembangan global yang berupaya mengikis rasa kebangsaan dan jiwa nasionalisme generasi bangsa kita saat ini.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Muhammad Nas, S.I.P secara terpisah dalam konfirmasinya mendukung kegiatan tersebut, Jajaran Koramil sudah saya perintahkan untuk berkoordinasi dengan Kepala Sekolah dari tingkat SD, SMP, SMA, SMK diwilayahnya.

Sehingga adik-adik pelajar tidak hanya serta merta menerima ilmu pengetahuan praktis saja tetapi diharapkan memiliki jiwa patriotisme, rasa cinta tanah air, rasa persatuan dan kesatuan, memiliki rasa bela negara dan wawasan kebangsaan.

Nilai-nilai inilah sebagai kekuatan Bangsa Indonesia yang kita tanamkan kepada generasi bangsa semenjak dini, sehingga mereka memahami kondisi yang dihadapi Bangsa Indonesia saat ini maupun ancaman dimasa-masa yang akan datang.

Muhammad Nas menambahkan bahwa kita saat ini dihadapkan oleh bahaya proxy war dimana antara kawan dan lawan tidak jelas lagi, penggunaan pihak-pihak ketiga dan seterusnya untuk mempropaganda sehingga tumbuh rasa kebencian diantara kita, antar kelompok dan lain-lain yang meudahkan perpecahan bangsa.

Dan nilai-nilai inilah yang memiliki kepentingan strategis dalam tetap menjaga kedaulatan Bangsa Indonesia dan Keutuhan NKRI. (sis24)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando