Home » » Rapat Koordinasi Cetak Sawah Di Provinsi Papua Barat Tahun 2016.

Rapat Koordinasi Cetak Sawah Di Provinsi Papua Barat Tahun 2016.

Written By ANDI on 27 Jan 2016 | 9:42 AM

PORTAL-KOMANDO.COM,.-Sorong, Selasa (26/1/16) - Komandan Kodim 1704/Sorong Letkol Inf Aulia Fahmi Dalimunte S.Sos menghadiri Rapat Koordinasi cetak sawah di Provinsi Papua Barat tahun 2016 kerjasama antara Kodam XVII/Cenderawasih dengan Pemda Provinsi Papua Barat, bertempat di Aula Praja Vira Tama Korem 171/PVT Jl. Pramuka No. 1 Sorong-Papua Barat.
 
Dalam sambutan Danrem 171/PVT yang dibacakan oleh Kasi Ter Korem 171/PVT Kolonel Inf Ali Amiludin SE, mengatakan bahwa sebagaimana dipahami bersama, bahwa Rapat Koordinasi Cetak Sawah di Provinsi Papua Barat ini diselenggarakan dengan maksud untuk mewujudkan swasembada pangan nasional, yaitu dengan menciptakan daerah-daerah sebagai lumbung pangan nasional. 

Rapat Koordinasi ini, merupakan sarana pengendalian dalam mewujudkan ketahanan pangan melalui pemantauan, pengkajian, dan pengembangan tanaman pangan serta menumbuhkan koordinasi yang sinergi dalam perumusan pengelolaannya maupun sebagai pendorong peran serta lembaga masyarakat dalam pengelolaan ketahanan pangan melalui peberdayaan petani.
 
Pelaksanaan Cetak Sawah ini, sejalan dengan tugas yang diemban TNI Angkatan Darat dalam memberdayakan wilayah pertahanan di darat, sesuai pasal 8 Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004, tentang TNI. Tugas tersebut diimplementasikan oleh TNI Angkatan Darat melalui Pembinaan Teritorial yang salah satunya adalah Bintahwil yang diwujudkan melalui kegiatan dengan masyarakat yang difasilitasi Pemerintah untuk mewujudkan ketahanan pangan, sehingga terwujud Kemanunggalan TNI dengan Rakyat, yang dapat didayagunakan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat maupun kepentingan pertahanan negara.
 
Seperti disadari bahwa, Indonesia merupakan negara agraris, yang kaya sumberdaya alam khususnya potensi pangan. Namun demikian, potensi tersebut belum mampu dikelola dengan baik, sehingga kebutuhan pokok masyarakat terhadap pangan belum dapat terwujud secara maksimal. Kondisi ini salah satunya dilatar belakangi oleh perubahan budaya masyarakat yang memandang bahwa profesi sebagai petani bukan lagi menjadi idaman masyarakat pedesaan, yang seharusnya hal ini tidak boleh terjadi. 

Oleh karenanya, dengan adanya Rapat Koordinasi Cetak Sawah di Provinsi Papua Barat ini akan memberdayakan masyarakat di provinsi Papua Barat, melalui kegiatan pemberdayaan lahan pertanian tanaman pangan, tanaman hortikultura dan perkebunan yang dikelola secara modern dan tepat sehingga dapat meningkatkan pendapatan, kesejahteraan, harkat dan martabat masyarakat di wilayah Provinsi papua Barat.
 
Selanjutnya, dalam pelaksanaannya nanti hendaknya dapat ditindaklanjuti dengan program program riil yang akan dituangkan dalam suatu perjanjian kerja sama oleh pemerintah dan unsur-unsur jajaran Kodam XVII/Cenderawasih sebagai pelaksana dilapangan dan akan dilakukan evaluasi melalui Rapat Koordinasi secara periodik. diharapkan kerja sama dan keterpaduan yang dilaksanakan ini dapat terus ditingkatkan, sehingga dapat memberikan inspirasi sekaligus motivasi bagi masyarakat dalam meningkatkan produksi pangan nasional.
 
Pelaksanaan cetak sawah tahun 2016 di wilayah Provinsi Papua Barat khususnya di wilayah Kodim 1704/Sorong seluas 1.730 Ha yang terdiri dari, Kab. Sorong 1.220 Ha, Kab. Raja Amapat seluas 250 Ha, Kab. Sorong Selatan seluas 100 Ha, Kab. Maybrat seluas 50 Ha, Kab. Tambrauw seluas 100 Ha, Kota Sorong 10 Ha. Demi tugas tugas Pemerintah kami siap membantu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya para petani.

Dalam hal ini Distan TPH dihadiri oleh Kepala Distan TPH Provinsi Papua Barat Ir. R. Agus Setiyanto, Aster Kasdam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Widjanarko, Kazidam XVII/Cenderawasih, Kolonel Czi Sujadi, Kasi Ter Korem 171/PVT Kolonel Inf Ali Aminudin SE, Staf Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Provinsi Papua Barat Hiasinta M. Tulo, para Dandim dan Kabalak jajaran Korem 171/PVT serta para Kadistan Kabupaten se-Provinsi Papua Barat.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando