Home » » Kostrad Gelar Rapat Pimpinan Tahun 2016

Kostrad Gelar Rapat Pimpinan Tahun 2016

Written By ANDI on 28 Jan 2016 | 12:39 PM

PORTAL-KOMANDO.COM,.-Kostrad(28/1). Malang - Bertempat di Aula Gedung Sandoyo Markas Divisi Infanteri 2 Kostrad. Singosari, Malang, Jawa Timur, Panglima Kostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi membuka Rapat pimpinan Kostrad TA 2016 pada Kamis (28/1). Rapim Kostrad TA. 2016 diikuti oleh seluruh Komandan Satuan jajaran Kostrad dari Makostrad, Jajaran Divisi Infanteri-1 Kostrad dan Divisi Infanteri-2 Kostrad. Adapun jumlah peserta Rapim sebanyak 107 orang.

Rapat pimpinan Kostrad TA 2016 mengangkat tema “Meningkatkan Loyalitas, Moralitas dan Integritas guna Mewujudkan Kostrad yang Kuat, Hebat, Profesional dan dicintai Rakyat“.

Dalam amanatnya Pangkostrad mengatakan bahwa kegiatan Rapim ini merupakan kelanjutan dari Rapim TNI AD yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu dan tujuannya adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan program kerja dan anggaran TA.2015, serta menyampaikan pokok-pokok kebijakan pimpinan Kostrad, untuk menyamakan visi, misi dan persepsi serta meningkatkan soliditas para unsur pimpinan di jajaran Kostrad dalam pelaksanaan program kerja TA. 2016. Adapun sasaran yang ingin dicapai adalah:

Pertama: tercapainya solusi pemecahan permasalahan yang dihadapi pada pelaksanaan program dan anggaran Kostrad TA. 2015 guna meningkatkan pencapaian pelaksanaan program dan anggaran TA. 2016 secara optimal.

Kedua: terwujudnya pemahaman unsur pimpinan Kostrad dalam menjabarkan kebijakan Pangkostrad yang sejalan dengan kebijakan Kasad.

Ketiga: terwujudnya kesamaan misi dan persepsi unsur pimpinan Kostrad dalam pelaksanaan pembinaan kekuatan, kemampuan dan gelar kekuatan guna mencapai keberhasilan pelaksanaan tugas pokok.

Keempat: terwujudnya soliditas unsur pimpinan Kostrad dalam rangka meningkatkan kesiapan dan kesiapsiagaan satuan jajaran Kostrad.

Oleh karena itu, Pangkostrad berharap kebijakan pimpinan Kostrad TA. 2016 dapat dijabarkan lebih lanjut dan dilaksanakan di tiap satuan, sehingga berbagai kebijakan pimpinan Kostrad, termasuk program kerja dan anggaran TA. 2016 dapat mewujudkan sasaran yang kita harapkan bersama, disertai dengan tertib administrasi, terutama dalam mewujudkan pencapaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh penilaian BPK RI.

Lebih lanjut Pangkostrad juga menyampaikan bahwa tugas pokok Kostrad juga sejalan dengan kebijakan pimpinan TNI AD dan tetap mengacu pada visi pemerintahan presiden RI Ir. Joko widodo yaitu “Terwujudnya Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong”.
Dalam mewujudkan visi pemerintah tersebut, selanjutnya dijabarkan dalam 7 misi dan 9 prioritas program Nawacita yang tertuang dalam RPJMN tahun 2015-2019, termasuk didalamnya kebijakan pemerintah di bidang pertahanan yang menjadi program prioritas untuk TNI yaitu:

Pertama: peningkatan kesejahtera-an prajurit.

Kedua: pemeliharaan dan perawatan alutsista/non alutsista.

Ketiga: kesiapan operasional satuan.

Keempat: pendidikan dan latihan dalam rangka terwujudnya profesionalisme prajurit.

Kelima: pengamanan perbatasan negara dan pulau terluar.

Sesuai dengan kebijakan Kasad, serta kebijakan pembinaan kekuatan TNI AD, maka dalam rapim Kostrad TA. 2016 akan dilaksanakan pembekalan tentang kesejahteraan prajurit, PNS dan keluarganya meliputi aspek pelayanan kesehatan dan perumahan yaitu pembekalan dari BP TWP dan BPJS. Hal ini sangat penting sebagai bekal pengetahuan dan pemahaman para pimpinan satuan agar dapat menjelaskan kepada para prajurit di satuan.

“ Para peserta rapim Kostrad menyimak apa yang disampaikan pemberi materi dan tanyakan apabila terdapat permasalahan yang ditemukan di lapangan” Tegas Pangkostrad.

Selain pembekalan dari pemberi materi , akan disampaikan evaluasi Progja TA. 2015 oleh Kaskostrad Mayjen TNI Meris Wiryadi, penyampaian garis besar perencanaan TA. 2016 oleh Asren dan penyampaian program kerja TA. 2016 sesuai fungsi masing-masing oleh para Asisten Kaskostrad. Cermati apa yang menjadi evaluasi TA. 2015 sehingga kekurangan yang ada tidak terjadi lagi pada tahun 2016 serta hambatan yang ada dapat diantisipasi agar tidak menjadi kendala dalam pelaksanaan program kerja TA. 2016.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando