Home » » Kodam Jaya Bersama BBWSCC Bersepakat Untuk Serbu Ciliwung

Kodam Jaya Bersama BBWSCC Bersepakat Untuk Serbu Ciliwung

Written By ANDI on 24 Sep 2015 | 12:17 PM


PORTAL-KOMANDO.COM,.-Kodam Jaya tidak main-main dalam menormalisasi dan membuat ciliwung lebih indah serta berguna bagi masyarakat. Saat ini Kodam Jaya bersama pihak Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC) dari Kementerian Pekerjaan Umum, bersepakat untuk bersama menjadikan ciliwung sebagai Icon Ibukota.
 
Menelurusi permasalahan sungai ciliwung disamping dulu membludaknya sampah dan salah satu permasalahannya adalah pendangkalan/sedimentasi aliran sungai, mengakibatkan jika terjadi hujan maka air tidak bisa ditampung seluruhnya disungai, sehingga terjadi luapan yang akibatkan banjir.

Panglima Kodam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Teddy Lhaksmana menyambut baik respon positif dari BBWSCC untuk menandatangani Perjanjian Kerjasama pemeliharaan 13 titik anak sungai ciliwung diantaranya Kanal Banjir Barat, Kanal Banjir Timur, Sungai Ciliwung, Sungai Pesanggrahan, Sungai Angke, Sungai Krukut, Sungai Grogol , Sungai Sunter, Sungai Cipinang, Sungai buaran, Sungai Jatikramat, Sungai Mookervart dan Cakung Drain yang selama ini telah dibersihkan dan dinormalisasi oleh Prajurit Kodam Jaya. Dalam kegiatan ini Pangdam Jaya mewakili Kodam Jaya dengan Bapak Iskandar selaku Kepala BBWSCC dan disaksikan oleh Dirjen Sumber Daya Air.

Lebih lanjut Pangdam Jaya menyampaikan "Normalisasi daerah aliran sungai Ciliwung memang tidak semudah yang dipikirkan. Perlu keseriusan, kerja keras, semangat dan kerja sama yang baik dari segala pihak tanpa terkecuali. Di samping itu, hal yang lebih mendasar adalah kesadaran dari masyarakat untuk menjadikan ciliwung lebih indah sebagai icon Ibukota Jakarta".

Kodam Jaya/Jayakarta sejak akhir 2014, melakukan pengerukan dasar sungai Ciliwung yang sudah mengalami pendangkalan dengan menggunakan unit excavator long arm.

Diharapkan dengan adanya kesepakatan ini dapat terwujudnya program dan pelaksanaan dalam pengelolaan sungai, terwujudnya efisiensi dan efektifitas pemanfaatan air dan pendayagunaan sungai. Ini adalah satu bukti keseriusan Kodam Jaya dan Pemerintah untuk meminimalisir banjir Ibukota, dan mewujudkan kembali kali ciliwung menjadi indah dan bersih serta icon ibukota Jakarta. (Pendam JAYA/Andi)

Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando