Home » » SATGAS PAMTAS RI-MALAYSIA YONIF LINUD 433/JS KOSTRAD AMANKAN SENJATA RAKITAN DAN HANDAK

SATGAS PAMTAS RI-MALAYSIA YONIF LINUD 433/JS KOSTRAD AMANKAN SENJATA RAKITAN DAN HANDAK

Written By ANDI on 3 Jun 2015 | 11:14 AM


PORTAL-KOMANDO.COM,.-Kostrad(3/6). Satuan Tugas Pengaman Perbatasan RI Malaysia Yonif Linud 433/Julu Siri Kostrad dibawah Koops Rem 091/ASN Dam VI/MLW berhasil mengamankan 12 senjata rakitan terdiri dari 8 pucuk laras panjang dan 4 pucuk jenis pistol beserta bahan peledak (Handak) juga peluru tabur asal Malaysia yang semuanya dalam kondisi bagus dan aktif. 

Komandan Satgas Pamtas RI Malaysia 433/JS Letkol Inf Agustatius Sitepu, S.Sos,. M.Si mengungkapkan semua senjata dan handak yang diamankan Satgas bukan melalui sweeping melainkan dengan upaya pendekatan dengan masyarakat sehingga tanpa unsur paksaan mereka menyerahkan senjata api yang mereka miliki, ''Ini diserahkan dari beberapa pos yang ada, kami lakukan pendekatan persuasif sehingga dengan kesadaran mereka menyerahkan senjata api yang mereka miliki,''ujarnya, Selasa (02/06/2015).

Dijelaskan ada 11 orang yang menjadi pemilik senjata mematikan tersebut dan kebanyakan berprofesi sebagai petani, berdasar keterangan para pemilik, senjata tersebut dipergunakan untuk berburu binatang seperti babi dan binatang hutan lain, Spesifikasi senjata tersebut juga tidak kalah jauh dibandingkan senjata standar milik polisi, bahkan salah satu senjata laras panjang ternyata menggunakan peluru yang biasa dipakai TNI dengan jarak tembak 50 meter,''Ini senjata canggih semua, bedanya kalau senjata polisi otomatis, ini masih manual, tapi ini sangat mematikan dan kondisinya siap pakai semua,''lanjutnya. apalagi masyarakat menyerahkan senjata senjata rakitan tersebut dengan suka rela. 

Penemuan senjata rakitan yang mematikan dan terbilang canggih ini menyingkap fakta bahwa masyarakat cukup pandai dalam memproduksi senjata api, apalagi dari beberapa senjata yang diamankan ada bahan peledak yang dinilai sangat canggih, bom yang dirakit berisi mesiu dan digulung hampir sebesar bola tenis yang turut diamankan memikiki keistimewaan sendiri, bom tersebut tidak akan meledak meski dilindas kendaraan, namun dia akan meledak bila dimakan babi dan binatang lain.

Adapun rincian senjata dan handak yang didapat dari hasil penggalangan dari beberapa pos Satgas Pamtas Yonif Linud 433/JS dijelaskan sebagai berikut, dari pos SSK I sebanyak 3 pucuk, 7 buah bom rakitan dan amunisi 2 butir, SSK II sebanyak 4 pucuk dan amunisi 4 butir, sedangkan dari SSK III sebanyak 5 pucuk dan amunisi 2 butir. "Senjata ini akan kami serahkan ke Kolak Ops Korem 091/ Aji Surya Nata Kesuma untuk dimusnahkan, tapi untuk penelusuran pembuat dan pabriknya kita akan serahkan ke polisi''tutupnya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando