Home » » Panda Surabaya loloskan 85 Calon Taruna Akademi TNI ke Panitia Pusat

Panda Surabaya loloskan 85 Calon Taruna Akademi TNI ke Panitia Pusat

Written By ANDI on 25 Jun 2015 | 1:45 PM

PORTAL-KOMANDO.COM,.Surabaya (25/6)-Setelah melalu Sidang Penentuan Akhir (Pantukhir) yang cukup alot hingga malam tadi, akhirnya Panitia Daerah Penerimaan Calon Taruna/Taruni Akadei TNI tahun 2015 memutuskan untuk meloloskan 85 calon Taruna/Taruni (Catar) dari 130 peserta Sidang pantukhir untuk mengikuti seleksi tingkat pusat di Mangelang, Jateng Juli mendatang.

Sidang Pantukhir yang digelar di Gedung Graha Samudera Bumimoro trsebut, dipimpin Ketua Panitia Daerah Surabaya yang juga Komandan Pangkalan Utama TNI AL V (Danlantamal V) Brigjen TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah didampingi Wakil Ketua Panda Surabaya yang Juga Kasdam V/Brawijaya Brigjen TNI Yoppye Chesimus Wayangkau, Katim Kesehatan Laksma TNI Dr. IDG Nalendra, S.PB, Katim Jasmani, Katim Psikologi, Katim Mental Idiologi, Katim Administrasi, Sekretaris dan panitia lainnya.
 
Dari 85 orang tersebut, 76 orang diantaranya pria calon taruna dan sembilan orang wanita calon taruni. Setelah mendapat kepastian akan kelulusan ditingkat daerah, mereka akan dikirim pada 29 Juni mendatang untuk mengikuti seleksi tingkat pusat di Akademi Militer (Akmil) Magelang.
 
Menurut Ketua Panitia Daerah, Ke-85 orang Catar Akademi TNI tersebut merupakan para peserta terbaik diantara yang baik, dan jumlah tersebut telah melebihi target sebelumnya untuk Panda Surabaya yang dijatah 65 orang untuk dikirim kepusat, sehingga ada penambahan kuota sebanyak 20 catar.
 
“Kita berharap calon yang dikirim dari panda Surabaya ini bisa bersaing lebih keras di Pusat nanti dan saya yakin mereka bisa menunjukan hal tersebut seperti halnya mereka bisa lolos dari Panda Surabaya setelah bersaing dengan 1.406 calon lainnya dari panda Surabaya,” terang Ketua Panda Surabaya usai pantukhir tadi malam.
 
Sebagaimana yang telah diberitakan sebelumnya, Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V Surabaya sebagai Panitia Seleksi Tingkat Daerah Tes Calon Taruna dan Taruni Akademi TNI TA 2015 telah melaksanakan seleksi terhadap 1.406 orang peserta. Jumlah tersebut menjadikan Panda Surabaya sebagai panitia yang menerima jumlah peserta terbanyak dibanding panda lainnya. Ia mengakui bahwa jumlah peserta yang melebihi target membuat panitia memberlakukan seleksi ketat dengan sistem gugur di setiap tahapan tes yang dilaksanakan.
 
Tercatat selama proses seleksi para peserta harus melewati tahapan tes yang panjang, dimulai dari pendaftaran, pemeriksaan awal, administrasi 1, kesehatan 1, jasmani, mental ideologi, psikologi, administrasi 2, kesehatan 2, dan terakhir pantukhir daerah sebagai tahap final proses penerimaan calon taruna dan taruni Akademi TNI Panda Surabaya.
 
Menurut Ketua Panitia, proses seleksi telah dijalankan sesuai prosedur yang berlaku, yang salah satunya melaksanakan upacara penandatanganan Pakta Integritas untuk berjalannya proses seleksi secara profesional, objektif, akuntabel, transfaran dan menghindari praktek Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) sebelum pelaksanaan seleksi dimulai.
 
Orang nomor satu di Lantamal V tersebut pun berharap jika dari proses yang panjang dan ketat yang telah dilaksanakan ini bisa menghasilkan calon-calon Taruna/Taruni yang berkualitas sesuai standar yang ditentukan TNI.
 
“Tidak hanya cakap secara postur, namun memiliki mental idiologi yang baik, psikologi yang mantap dan memiliki integritas dan kapabilitas yang tinggi untuk menjadi prajurit TNI sejati, profesional dan berjuang untuk NKRI,” tegasnya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando