Home » » PESAWAT TNI ANGKATAN UDARA EVAKUASI 110 WNI DARI JIZAN KE OMAN

PESAWAT TNI ANGKATAN UDARA EVAKUASI 110 WNI DARI JIZAN KE OMAN

Written By ANDI on 7 Apr 2015 | 12:11 PM

PORTAL-KOMANDO.COM,.-Bertempat di Bandara Jizan, Arab Saudi sebuah Pesawat TNI AU Boeing 737-400 nomor 7305, Sabtu (4/4) berhasil mengevakuasi 110 WNI untuk diterbangkan ke wilayah yang aman di Bandara Muskat, Oman. Menurut sumber crew Pesawat TNI AU Boeing 737-400 nomor 7305 yang turut bertugas, personel WNI yang dievakuasi bervariasi mulai dari anak-anak, mahasiswa maupun orang dewasa. 

Guna keamanan penerbangan, crew dan Prajurit dari Satbravo 90 melaksanakan prosedur pemeriksaan administrasi dan fisik calon penumpang, sebelum terbang. Perjalanan ditempuh dengan waktu sekitar 2 jam 30 menit.

Seratus sepuluh personel WNI yang berhasil dievakuasi setelah menempuh perjalanan udara, disambut Duta Besar RI untuk Yaman Wazid Fauzy dan pejabat t lainnya di Muskat. Dalam sambutannya Duta Besar RI menyampaikan kondisi Negara Yaman saat ini sedang konflik. 

Untuk itu, WNI yang berada di Yaman baik yang sedang kuliah, bekerja dan aktifitas lainnya perlu di evakuasi secara cepat agar tidak berdampak fatal. Ditambahkannya, konflik yang terjadi di Yaman demikian drastis, sehingga memerlukan penanganan yang cepat dan perhatian dari Pemerintah RI, diantaranya mengirimkan pesawat TNI AU beserta crewnya untuk evakuasi WNI. Menurut Dubes, TNI berasal dari rakyat, sehingga diharapkan dengan evakuasi menggunakan pesawat TNI timbul kecintaan rakyat terhadap TNI dan Negara Republik Indonesia.

Sebuah Pesawat Boeing 737 TNI AU nomor 7305 dari Skadron Udara 17 Lanud Halim Perdanakusuma, melaksanakan misi evakuasi WNI di Yaman sejak Jumat malam (3/4) dilepas Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Agus Supriyatna di dampingi Wakil Menteri Luar Negeri RI A.M. Fachir, Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Sri Pulung D.,S.E., MMgt.Stud., dan pejabat lainnya di Gedung Suma 3 Lanud Halim. 

Rute terbang yang ditempuh meliputi Halim-Sultan Iskandar Muda-Colombo, Srilangka-Salalah, Oman. Pesawat VIP yang dipiloti Letkol Pnb Putu Setia Darma dan Letkol Pnb Tit Doddy beserta 10 crew tersebut, guna kelancaran evakuasi WNI di Yaman juga membawa staf dari instansi terkait yaitu 2 personel dari Kemenlu, 2 personel dari Mabes TNI, 4 dari Satbravo 90 Paskhas dan 1 dari Mabesau. Di samping itu, Lanud Halim Perdanakusuma juga mengirimkan 2 perwira yang berangkat mendahului sebagai tim aju untuk kegiatan evakuasi WNI.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando