Home » » PEMBUATAN GORONG-GORONG YONZIPUR 10 KOSTRAD

PEMBUATAN GORONG-GORONG YONZIPUR 10 KOSTRAD

Written By ANDI on 4 Mar 2015 | 11:09 AM

PORTAL-KOMANDO.COM,.-Anggota Batalyon Zipur 10 Divisi Infanteri 2 Kostrad tampak sangat antusias dalam pembuatan gorong – gorong / parit saluran pembuangan air dikarenakan halaman Asrama Yonzipur 10/2 Kostrad banyak air tergenang akibat hujan yang mengguyur kota Probolinggo akhir pekan ini.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka mendukung kegiatan peduli lingkungan dan bersih sebagaimana yang dianjurkan komandan Kompi, sekaligus untuk mengantisipasi banjir akibat luapan air yang mungkin terjadi dalam musim hujan ini.

Terjadinya banjir dikarenakan dataran rendah yang membuat intensitas genangan air yang cukup tinggi belum ditambah lagi dengan system drainase air yang belum memadai. Namun demikian, terjadinya banjir ialah ulah manusia yang telah membuang sampah-sampah di selokan dan parit-parit aliran kesungai, Sampah yang sering di buang keselokan dan parit-parit, bila keseringan akan menumpuk dan menyumbat aliran air apabila hujan datang akan meluap karena alirannya terhambat oleh tumpukan sampah yang sangat banyak dan mengakibatkan banjir.

Langkah-Langkah Mencegah Banjir : Membuang sampah pada tempatnya, Membersihkan, selokan atau parit dekat rumah dari sampah sehingga aliran air menjadi lancer, Melakukan penghijauan di lahan-lahan kosong sebagai daerah resapan air, Melakukan penghijauan di hutan-hutan yang gundul (reboisasi).   

Menyediakan system perparitan Diharapakan upaya yang dilakukan Anggota Yonzipur 10/2 Kostrad ini juga dapat meningkatkan kesadaran akan lingkungan dan juga dapat menjaga dan memelihara pangkalan AsramaYonzipur 10/2 Kostrad. @ANDI

Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando