Home » » Kodim 0503/JB Gelar Sosialisasi Kebangsaan Kepada Keluarga Besar TNI Jakbar

Kodim 0503/JB Gelar Sosialisasi Kebangsaan Kepada Keluarga Besar TNI Jakbar

Written By ANDI on 5 Mar 2015 | 5:07 PM

Ebenezer Sihotang/Progresif Jaya
PORTAL-KOMANDO.COM,.Jakarta - Sebanyak 100 warga keluarga besar TNI (KBT) yang terdiri dari LVRI, FKPPI, dan PPM yang ada di wilayah Jakarta Barat mendapatkan penyuluhan tentang kebangsaan di Aula Makodim 0503/Jakarta Barat, Jakarta Barat, Rabu (4/3).

Dalam sambutan pada pembukaan, Kasdim 0503/JB, May Inf Ranto, SAg mewakili Dandim 0503/JB, Letkol Arh Riksawan Ardhianto, SIP mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan adalah merupakan kegiatan teritoprial TNI AD dalam bentuk komunikasi sosial (Komsos) dan saat ini diberikan kepada keluarga besar TNI (KBT) yang ada di wilayah kerja Kodim 0503/Jakarta Barat.

May Inf Ratno, SAg mengatakan, tujuan kegiatan adalah, pertama, membangun komunikasi dan bersilaturahmi antar anggota keluarga besar TNI (KBT) yang ada di wilayah Jakarta Barat, Kedua, menciptakan stabilitas keamanan yang aman dan nyaman dilingkungan masing-masing apakah tinggal dilingkungan umum atau di asrama TNI, sehingga keluarga besar TNI yang ada di Jakarta barat tidak mudah terpengaruh atau terprovokasi dengan hal-hal negatif seperti narkoba, tawuran, maupun tindakan kejahatan lainnya, Ketiga, memupuk rasa persatuan dan kesatuan NKRI.

"Kita sebagai generasi penerus harus mengingat perjuangan para pendahulu yang memperjuangkan kemerdekaan, dan tetap setia dan cinta terhadap NKRI," kata May Inf Ratno, SAg.
Tema kegiatan adalah "Melalui Penyelenggaraan Komsos dengan Keluarga besar TNI, Marilah Kita Mempererat Hubungan Yang Harmonis Dalam Menjaga Stabilitas Keamanan Dilingkungan Masyarakat dan Menjaga Keutuhan RI"

Adapun sebagai pembicara masing-masing materi adalah untuk Materi Pancasila oleh Kapt Inf Sunarjo, UUD 1945 oleh Kapt Sukma, Kepemimpinan oleh Kapt Arh Ema Suherman, Wawasan Kebangsaan oleh Kapt Inf Ober Purba, Kesadaran Bela Negara oleh Kapt Inf Manijo.

Kedisiplinan oleh Kapt Inf Irwan Triono, dan Sejarah Kebangsaan oleh Kapt Inf Abdul Kholik.
Pasiter berharap dengan kegiatan yang dilaksanakan ini seluruh keluarga besar TNI (KBT) yang ada diwilayah Jakarta Barat dapat menjadi contoh dan teladan baik dilingkungan masing-masinga dengan saling berkomunikasi antar sesama dan dapat berbagi informasi.

Menurut Kapt Inf Manijo, yang juga Danramil 05/KB, bahwa kesadaran Bela Negara sudah mulai luntur, sebagai contoh saat memperingati HUT RI bendera Merah Putih tidak dinaikkan, dan berkurang kegiatan perayaan yang menyangkut dengan hari Kemerdekaan.

"Zaman saya dulu saat masih sekolah, banyak kegiatan memeriahkan HUT RI baik dilingkungan sekolah maupun di lingkungan masing-masing," kata Kapt Inf Manijo saat menyampaikan materi kesadaran Bela Negara.

Oleh karena itu, kata Kapt Inf Manijo dengan mendapatkan materi kesadaran Bela Negara, keluarga besar TNI (KBT) mengingatkan kepada semua warga khususnya dilingkungan masing-masing di wilayah Jakarta Barat dalam menjaga keutuhan NKRI, dan berbuat yang terbaik untuk bangsa dan negara.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando