Home » » KODIM 0501/JAKARTA PUSAT PELIHARA KEMAMPUAN ANGGOTA MELALUI LATIHAN BELA DIRI YONGMOODO

KODIM 0501/JAKARTA PUSAT PELIHARA KEMAMPUAN ANGGOTA MELALUI LATIHAN BELA DIRI YONGMOODO

Written By ANDI on 3 Mar 2015 | 4:57 PM


PORTAL-KOMANDO.COM,.-Kodim 0501/Jakarta Pusat melaksanakan kegiatan latihan Yongmoodo secara rutin setiap hari Selasa dan Jumat selesai apel pagi. Latihan Yongmoodo tersebut menindak lanjuti dari perintah Pangdam Jaya/Jayakarta mayjen TNI Agus Sutomo, agar seluruh satuan jajaran Kodam Jaya/Jayakarta melaksanakan latihan Bela Diri Yongmoodo.

Dandim 0501/Jakarta Pusat Letkol Inf Edwin Adrian Sumantha, S.H. memberikan pengarahan sebelum dimulainya latihan, bahwa belajar dan berlatih Bela Diri Militer merupakan keharusan bagi seorang prajurit, salah satu Bela Diri Militer yang telah diprogramkan (yang berlaku) di Angkatan Darat adalah Yongmoodo karena jenis Bela Diri tersebut dianggap yang paling sesuai dalam menghadapi berbagai jenis serangan lawan.

Dalam latihan olahraga beladiri resmi TNI AD tersebut, para anggota dilatih secara bertahap, bertingkat serta berkelanjutan. Mereka diasah kemampuan bela diri dasar dengan mengedepankan ketepatan, kekuatan, kecepatan untuk bertarung jarak dekat.

Yongmoodo sendiri merupakan gabungan dari beladiri Judo, Taekwondo, Apkido, Sirum, dan Hon Sin Sul. Yong berarti naga yang memiliki nilai mistis dan diagungkan dengan memiliki banyak kemampuan hebat. Moo berati beladiri yang memiliki materi perkelahian, strategis, pertahanan serangan, kemampuan fisik dan mental serta psikologi. Sedangkan Do merupakan cara berlatih hidup dan pandangan hidup serta memiliki makna dasar hidup dan belajar dari alam. @ANDI
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando