Home » » DAPAT ILMU GRATIS DARI SATGAS PAMTAS RI-RDTL YONIF 514/R KOSTRAD WARGA SALORE PANDAI MEMBUAT TAPE

DAPAT ILMU GRATIS DARI SATGAS PAMTAS RI-RDTL YONIF 514/R KOSTRAD WARGA SALORE PANDAI MEMBUAT TAPE

Written By ANDI on 25 Feb 2015 | 12:27 PM


www.portal-komando.com,.-Warga perbatasan, khususnya di Desa Salore, Kecamatan Tasifeto Timur, Belu, saat ini boleh berbangga karena sudah mampu membuat tape.

Keterampilan tambahan untuk mendukung ekonomi keluarga ini, diperoleh secara gratis dari anggota Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 514/R Kostrad, yang kini bertugas di Pos Salore. Proses pengolahan tape itu menggunakan bahan dasar singkong yang selama ini merupakan pekerjaan utama warga Bondowoso, Jawa Timur.

Dansatgas Mayor Inf Muhammad Nas, S.I.P. menyebutkan, pada tanggal 16 Februari 2015 lalu, di Pos Salore Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 514/R Kostrad, telah menggelar pelatihan keterampilan membuat makanan dengan bahan dasar singkong.

Jenis makanan yang dibuat adalah makanan khas Bondowoso, Jawa Timur, tempat Yonif 514/R berasal yaitu berupa tape, prol tape, dan tape bakar. Pelatihan tersebut dihadiri 15 orang anggota PKK Desa Tulakadi dan dua tokoh agama setempat. Pelatihan diberikan oleh dua orang anggota Pos Salore yang sudah dibekali kemampuan tersebut.

Pelatihan membuat makanan berbahan dasar singkong dilaksanakan di rumah Ibu Rosalina di Kampung Salore, Desa Tulakadi. Kegiatan tersebut bermula dari Romo Yoseph Ukat yang mengetahui bahwa di Bondowoso mempunyai makanan khas tape berbahan singkong. Kemudian Romo Yoseph meminta anggota Pos Salore untuk memberi pelatihan pembuatan tape kepada ibu-ibu PKK sebagai keterampilan untuk berwira usaha.

Alat dan bahan pun disediakan oleh Romo Yoseph dan PKK.Para peserta pelatihan merasa senang mendapat tambahan keterampilan dalam mengolah singkong menjadi makanan yang baru di daerah mereka.   @ANDI



Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando