Home » » Walau Tak Muda Lagi, Prajurit Kodim 0731 Kulon Progo Semangat Bina Fisik Lari Di Pantai.

Walau Tak Muda Lagi, Prajurit Kodim 0731 Kulon Progo Semangat Bina Fisik Lari Di Pantai.

Written By ANDI on 28 Feb 2018 | 12:16 PM


Yogya Barat. Umur bukan halangan dalam menjaga fisik. Terlebih bagi seorang prajurit. Selas (27/02/18) dalam rangka melaksanakan pembinaan satuan, Kodim 0731/Kulon Progo melaksanakan latihan fisik dengan berlari di sepanjang Pantai Congot sampai dengan Pantai Glagah. Selain untuk menjaga kekuatan fisik, melalui latihan ini diharapkan dapat meningkatan nilai samapta perorangan dalam menuju ujian kenaikan pangkat (UKP).


Di dalam peraturan TNI AD saat ini, setiap prajurit yang akan mendapatkan kenaikan pangkat reguler satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula, harus lulus tes kesegaran jasmani atau yang biasa dikenal samapta. Garjas/Samapta ini meliputi :

1. Samapta A, lari sejauh 3200 m dengan waktu tempuh disesuaikan dengan kategori umur yang telah ditentukan oleh Dinas Jasmani Angkatan Darat (Disjasad).

2. Samapta B, melaksanakan push up, sit up dan pull up selama 1 menit, ditambah shutle run atau lari angka 8 selama 3 x. Nilai yang dihasilkan juga disesuaikan dengan kategori umur. (sesuai tabel yang sudah tersedia).

3. Renang dasar militer sejauh 50 m, dengan gaya dada/katak.
Dari tiga hal tersebut diatas, nilai digabungkan dan harus mencapai minimal 65, apabila nilai kurang maka prajurit tersebut tidak akan bisa naik pangkat.

Saat ini seluruh satuan Jajaran TNI AD berupaya keras untuk bisa meningkatkan kekuatan fisik prajurit, apalagi bagi yang persiapan naik pangkat. Berbagai macam latihan diterapkan, seperti lari pantai yang diprogramkan oleh Staf Ops Kodim 0731/Kulon Progo. Walaupun lari ini tanpa beban, tapi sudah terasa sangat berat karena tumpuan kaki kita harus amblas ke dalam pasir, sehingga perlu tenaga ekstra untuk bisa melangkahkan kaki berikutnya.

Umur para prajurit ini sudah tidak muda lagi, namun semangat masih terlihat dengan jelas betapa bergunanya kesehatan dan kekuatan fisik dalam menunjang kehidupan dan tugas teritorial sehari hari. Teriakan dan nyanyian mereka menunjukan semangatnya dalam menjaga dan mempertahankan NKRI. Mengiringi lari pantai sejauh + 6 KM ini. (NSR/bang natsir).
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando