Home » » Stasiun Kereta Api Cepat Halim Segera Di Bangun

Stasiun Kereta Api Cepat Halim Segera Di Bangun

Written By ANDI on 24 Feb 2017 | 5:53 PM



Keterangan Gambar : Aslog Kasau Marsda TNI Yadi Husyadi (kanan) dan Komisaris PT. KCIC (kiri) Antonius Kosasih disaksikan Kasau Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP dan Staf Khusus Menteri BUMN Sahala Lumban Gaol menandatangani naskah pernyataan bersama pembangunan stasiun dan trase kereta api cepat Jakarta - Bandung , Mabesau Cilangkap, Jumat (24/2). (Foto : Dispenau).

PORTAL-KOMANDO.COM,.JAKARTA,.(24/2),.Rencana pembangunan stasiun kereta api cepat Jakarta – Bandung di komplek Trikora Lanud Halim Pedanakusuma, Jakarta Timur, dalam waktu dekat bakal terealisasi. Kepastian itu, tertuang dalam naskah pernyataan bersama antara TNI AU dan PT.KCIC (Kereta Api Cepat China).

Penandatangan naskah dilakukan bersama, TNI AU oleh Asisten Logistik (Aslog) Kasau Marsekal Muda (Marsda) TNI Yadi Husyadi dan PT. KCIC oleh Komisaris PT. KCIC Antonius Kosasih, yang disaksikan oleh Kepala Staf TNI AU (Kasau) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP dan Staf Ahli Menteri BUMN Sahal Lumban Gaol, di Mabesau, Cilangkap, Jakarta, Jumat (24/2).

Dalam amanatnya, Kasau Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP mengatakan, sesuai Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 107 tahun 2015 tentang percepatan penyelenggaran prasarana dan sarana Kereta Api Cepat Jakarta - Bandung, maka Kementrian Pertahanan dan atau Panglima TNI menyerahkan aset tanah dan bangunan milik kementrian Pertahanan/ TNI AU yang ada di komplek Trikora Halim Perdanakusuma, Jakarta untuk dipergunakan sebagai trase jalur, stasiun, sarana dan prasarana pendukung sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Pembangunan stasiun dan trase kereta api cepat merupakan program pemerintah yang harus kita dukung, dalam rangka meningkatkan pelayanan transportasi untuk masyarakat guna meningkatkan perekonomian sepanjang rute Jakarta – Bandung” kata Kasau.

Ditambahkan, TNI AU sudah menyiapkan kebutuhan tanah untuk pembangunan satsiun kereta api cepat seluas 18,6 hektar di kompleks Trikora Halim Perdanakusuma,Jakarta. Tetapi di atas tanah tersebut terdapat perumahan dinas dan mess prajurit serta fasilitas sosial lainnya. Oleh karena itu, Kasau menegaskan, agar sebelum proses pembangunan stasiun kereta api cepat, terlebih dahulu pihak PT.KCIC membangun rumah dinas, mess prajurit serta fasilitas pendukung lainya sebagai pengganti di lahan yang sudah disiapkan di Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Selama pembangunan dan operasional kedepannya, untuk akses keluar masuk kendaraan tidak mengganggu aktivitas atau kenyamanan warga komplek, personel pengamanan untuk melibatkan pengamanan dari TNI AU baik Paskhas maupun Pomau yang ada di Lanud Halim.

Lahan dan fasilitas TNI AU yang bakal terkena proyek pembangunan stasiun kereta api cepat, berada di sebagian komplek Trikora Lanud Halim Perdanakusuma. Dilokasi tersebut sedikitnya terdapat 181 KK (Kepala Keluarga) prajurit TNI AU bakal dipindahkan ke lokasi lain, tetapi masih di wilayah Lanud Halim Perdanakusuma dan PT KCIC akan membangunkan rumah dinas yang lebih luas dengan fasilitas pendukungnya untuk warga komplek yang terkena dampak pembangunan dari Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung.




Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando