Home » » Budaya Grebeg Pancasila Kota Blitar Tahun 2016

Budaya Grebeg Pancasila Kota Blitar Tahun 2016

Written By ANDI on 1 Jun 2016 | 4:15 PM


PORTAL-KOMANDO.COM,.-Blitar, Bertempat di alun alun Jln. Merdeka Kota Blitar telah dilaksanakan kegiatan peringatan upacara budaya Grebeg Pancasila Kota Blitar dan peringatan ke 71 hari lahirnya Pancasila dengan tema " Mantapkan Pembangunan Berdasarkan APBD Pro Rakyat Sebagai Implementasi Nilai-Nilai Pancasila " yang diikuti 800 orang sebagai Ketua penyelenggara Kasi kewaspadaan Bakesbangpol kota Blitar Warnoto.Rabu(1/6/16)
 
Hadir dalam kegiatan tersebut Walikota Blitar Samanhudi Anwar, Wakil Walikota Blitar Drs. Santoso M Pd, Bupati Blitar Drs. Rijanto MM, Dandim 0808/Blitar Letkol Arh Surya Dani SH, Kapolres Blitar AKBP Yossi Runtukahu, Wadan Yonif 511/DY Mayor Inf Sigit, Ketua DPRD Kota Blitar Glebot Catur Ariyanto SH, Sekda Kota Blitar (Drs. Rudi Wijarnarko, Kepala SKPD Se Kota Blitar, Camat lurah sekota Blitar, Tomas, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda se-Kota Blitar dan Kepala Sekolah SD SMP SMA sekota Blitar.
 
Walikota Blitar Samanhudi Anwar mengatakan Bahwa kegiatan upacara grebek Pancasila di Kota Blitar dilaksanakan setiap tahun akan tetapi kegiatan ini bukan kegiatan rutinitas, tetapi kegiatan ini mengandung filosofi karena 1 Juni adalah momentum yang tidak boleh dilupakan karena pada tanggal 1 Juni 1945 Bung Karno di hadapan sidang BPUPKI menyampaikan dasar Negara Pancasila. 
 
Pemkot Blitar terus mengusulkan dan memperjuangkan serta menyampaikan aspirasi ke Pemerintah pusat agar 1 Juni ditetapkan sebagai hari lahir Pancasila. Semangat mengelorakan nilai-nilai Pancasila ini akan senantiasa hidup dalam sanubari warga kota Blitar mengingat di Kota Blitar inilah sosok penggali Pancasila Sang Proklamator penyambung lidah rakyat , sekaligus Presiden RI pertama yakni Bung karno dimakamkan. Peringatan grebek Pancasila tahun ini momentumnya bertepatan dengan mulainya penerapan pembangunan berdasarkan APBD Pro Rakyat jilid dua dan Prinsip APBD Pro Rakyat sejalan dengan nilai-nilai Pancasila karena nilai Pancasila terus kita aplikasikan secara nyata melalui program pembangunan daerah dengan menggunakan prinsip APBD Pro Rakyat. Ujar Samanhudi Anwar.
 
Pada pukul 09.00 WIB kegiatan Upacara budaya selesai dilanjutkan kirap oleh peserta upacara dengan route star Alun alun Kota Blitar - Jl Semeru - Jl P sudirman - Jl Ir Soekarno finish di Makam Bung Karno. Tepat pada pukul 11.00 WIB kegiatan upacara dam Kirab budaya selesai.(Tim/Penrem081)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando