Home » » Kerjasama BKKBN Dan TNI Diperkuat

Kerjasama BKKBN Dan TNI Diperkuat

Written By ANDI on 2 Des 2015 | 1:58 PM

PORTAL-KOMANDO.COM,.JAKARTA,.-Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bekerjasama dengan TNI dalam program kependudukan dan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). 

Sejarah mencatat TNI merupakan mitra kerja yang sangat strategis dan potensial dalam memberikan kontribusi keberhasilan program penurunan fertilitas pada khususnya dan KKPBK pada umumnya. Jumlah penduduk yang banyak dengan kualitas yang baik adalah aset pembangunan, akan tetapi jumlah penduduk banyak dengan kualitas yang rendah akan menjadi bevan negara, pemerintah dan masyarakat. 

"TNI mempunyai perspektif bahwa domain perkembangan Kependudukan dilakukan untuk mewujudkan keserasian, keselarasan dan keseimbangan antara kuantitaa dan kualitas serta persebaran penduduk dengan daya dukung alam dan daya tampung lingkungan guna menunjang pelaksanaan pembangunan yang berkelanjutan" kata kepala BKKBN, Surya Chandra Surapaty sebelum menghadiri rapat koordinasi dengan TNI di Park Hotel, Cawang, Jakarta Timur (2/12).

Menurutnya kebijakan Pembangunan Keluarga dilaksanakan melalui pembinaan ketahanan dan kesejahteraan keluarga. "Saya optimis bahwa jajaran TNI selalu peduli dan sangat respek terhadap masalah perambahan penduduk yang tidak terkendali, karena TNI tahu dan menyadari bahwa hal tersebut akan berdampak negatif terhadap upaya pembangunan lainnya" lanjut Surya.

Kerjasama BKKBN dengan TNI termasuk dalam pelayanan keluarga berencana dan kesehatan reproduksi oleh TNI antara lain melalui pelatihan bagi para tenaga medis yang berada dilingkungan dan fasilitas kesehatan TNI, KIE serta penggarapan KB diwilayah legok dan tertinggal dan wilayah khusus. "Hal ini dilakukan untuk menjaga keberlangsungan dan kualitas kesertaan ber-KB dan mendorong pemakaian alat kontrasepsi jangka panjang" kata Surya.

Adapun prioritas garapan sesuai dengan renstra 2015-2019 diharapkan dapat memfasilitasi pembinaan kesertaan ber-KB di 60 persen kabupaten Gaicitas dan 65 persen wilayah kota dan meningkatkan persentase keikutsertaan ber-KB pria menjadi 4,3 persen. "Oleh karena itu kedepan peran TNI sebagai mitra potensian BKKBN diperluas dan diperkuat" tegas Surya. @ANDI DIGUL

Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando